POKER ONLINE

HARIAN VIRAL

Manfaat Sehat Tiger Nuts, Si Kacang Keriput Asal Mediterania


BERITA VIRAL - Pernahkah anda mendengar mengenai tiger nuts? Apakah anda membayangkan bahwa kacang ini ialah makanan harimau? Tentu saja tidak. Sebab menurut penjelasan dari odalesorganiclife.com, tiger nuts ialah jenis kacang-kacangan ini telah ada semenjak 4000 tahun kemudian dan tidak sedikit dikonsumsi oleh mereka yang hidup di wilayah Mediterania, Mesir, sampai penduduk pribumi Amerika.

Tiger nuts memiliki format bulat berkeriput dengan garis-garis laksana pola yang terdapat di tubuh harimau sehingga disebut demikian. Tiger nuts sendiri mempunyai rasa gabungan seperti kelapa dan kacang almond yang dikemas dengan vitamin dan mineral.

Tiger nut adalah sejenis umbi yang berasal dari yellow nutsedge (sejenis rumput alang) dan dijuluki sebagai rumput liar terburuk di dunia. Bentuknya mirip kacang Bogor dan rasanya manis renyah mirip kelapa.
Di Amerika bagian tenggara tumbuhan invasif ini menyebar sangat luas dan menghabiskan biaya jutaan dollar karena rusak lahan pertanian.

Namun umbi alang-alang ini digolongkan sebagai superfood. Tanaman asal Mediterania timur dan Afrika Utara ini pernah diceritakan dalam buku sebagai tanaman sayuran potensial di tahun 1850. Pada tahun 1981 pun, tiger nut dipuji akan kelezatannya. Tanaman ini tumbuh subur di sepanjang sungai, tepi kolam, danau, rawa atau bahkan di taman yang berair.



Catatan sejarah menyebut tiger nut atau chufa telah digunakan jutaan tahun lalu. Studi Universitas Oxford menyebutkan hominin (leluhur manusia) hidup di Afrika Timur antara 2,4-1,4 juta tahun lalu dengan makan tiger nut. Diperkirakan hominin mendapat sekitar 80% asupan kalori harian dari umbi itu.

Dikutip dari epicurious.com Mesir kuno mengandalkannya sebagai camilan, obat-obatan, salep, enema, dan penyegar udara. Catatan di tahun 2002 bahkan menyebut tiger nut 'snack para dewa'. Penulis makalah, Michael S. Defelice juga menulis Fir'aun suka bersandar di kuil nyamannya dan makan semangkuk tiger nut dicampur dengan madu. Rasa tiger nut ringan dan manis, agak mirip kelapa. Memang cocok jadi camilan.

Selain dalam bentuk mentah, minuman tiger nut bernama horchata de chufa telah ada di Valencia, Spanyol dan Afrika Barat sejak berabad-abad lalu.
Di Inggris tiger nut digunakan sebagai umpan nelayan dan camilan selama Perang Dunia II. Bahkan ada ide menjadikan tiger nut bahan bakar biologis karena kaya akan minyak.

Ketenaran tiger nut juga didukung dengan manfaat kesehatannya. Dapat merangsang bakteri baik karena kandungan tipe serat probiotik atau pati resisten yang tidak pecah hingga mencapai usus besar.
Selain itu juga rendah lemak dan kalori, mengandung asam lemak bermanfaat seperti yang ada dalam minyak zaitun atau alpukat. Merupakan sumber kalium, vitamin E, juga zat besi sehingga layak jadi superfood. 



Tiger nut pertama kali populer di Amerika dan Inggris di kalangan penggemar diet paleo. Tetapi sekarang, beberapa perusahaan seperti Organic Gemini memperkenalkannya lebih umum sebagai snack kering, tepung bebas gluten, dan alternatif pengganti susu. Selain manusia, kalkun liar dan unggas air juga diberi pakan tiger nut saat musim dingin. Babi juga menyukainya seperti mereka menyukai kacang dan truffle.

Penasaran akan manfaat sehat dari tiger nuts? Ini dia penjelasannya.
1Konsumsi tiger nuts bisa menstimulasi pencernaan dan gerakan peristaltik. Sehingga bisa mengurangi risiko sembelit hingga diare.

2. Tiger nuts mengandung potasium tinggi yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar tekanan darah dan melindungi kesehatan kardiovaskular.

3. Kandungan karbohidrat kompleks di dalam tiger nuts membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Tiger nuts juga mengandung zat antioksidan kuat seperti vitamin E dan polifenol sehingga akan mencegah masalah yang berkaitan dengan penuaan dini.

5. Penelitian menemukan bahwa tiger nuts memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain.

6. Si kecil tiger nuts ternyata memiliki manfaat besar untuk menurunkan risiko kanker dan peradangan kronis karena kandungan zat antioksidan di dalamnya.
Tiger nuts mengandung lemak sehat seperti asam lemak oleat dan linoleat yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat.

7. Popularitas tiger nuts meningkat saat kacang-kacangan ini sering dipakai sebagai camilan sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sebabnya, tiger nuts tinggi akan kandungan serat dan memiliki jumlah kalori yang cukup untuk membuatmu kenyang.



Maka, tak berlebihan jika tiger nuts disebut sebagai superfood karena tingginya manfaat sehat di dalamnya. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menaburkannya di atas puding chia atau bubur oatmeal.









Manfaat Sehat Tiger Nuts, Si Kacang Keriput Asal Mediterania Manfaat Sehat Tiger Nuts, Si Kacang Keriput Asal Mediterania Reviewed by BERITA VIRAL on 12.44 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.